trustnews.id

Tantangan Besar Calon Pemimpin Apjati Baru
Dok, Istimewa

Tantangan Besar Calon Pemimpin Apjati Baru

NASIONAL Senin, 23 September 2024 - 11:10 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. – Ayub Basalamah tidak banyak berkomentar ketika ditemui Trustnews belum lama ini. Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI) ini, lebih tertarik untuk membicarakan siapa sosok yang akan menerima tongkat estafet kepemimpinan yang dipegangnya selama 3 periode ini, yang mana periode ke 3 masa jabatan ketua umum APJATI akan berakhir bulan November 2024.

Sesuai AD ART APJATI pemilihan Ketua Umum APJATI yang baru ditetapkan melalui Lembaga MUSYAWARAH NASIONAL (MUNAS) yang akan berlangsung pada bulan November 2024 . Ayub Basalamah berharap, untuk figure akan menerima tongkat estafet kepemimpinan APJATI merupakan figure yang mampu , menguasai dan berpengalaman dibidang penempatan Pekerja Migran ke Luar Negeri.

“Figur seperti ini memang dibutuhkan, mengingat APJATI merupakan organisasi dengan visi dan misi. APJATI adalah organisasi kemasyarakatan yang bersifat mandiri, nirlaba, dan independent yang dibentuk atas dasar kesamaan profesi sebagai wadah berhimpun bagi perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang memiliki Surat Ijin Usaha Khusus Pelaksana Penempatan PMI Indonesia Swasta (SIPPMI) yang diterbitkan oleh pemerintah.

Tujuan APJATI menyatukan visi dan misi dalam usaha penempatan Pekerja Migran Indonesia yang berkualitas dengan membangun dan mengembangkan system manajemen penempatan PMI ke luar negeri yang profesional, mengangkat citra positif Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) secara professional yang dituangkan dalam program kerja organisasi sehingga dapat diterima dan dipahami bahwa penempatan PMI ke Luar Negeri merupakan program nasional yang menjadi tanggung jawab bersama , meningkatkan kinerja dan profesionalisme serta membangun iklim usaha jasa penempatan pekerja migran Indonesia yang sehat dan kondusif, sehingga meningkatkan posisi tawar P3MI terhadap pihak lain dan mewujudkan komitmen perlindungan PMI di luar negeri, serta memberikan perlindungan dan advokasi kepada Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Anggota APJATI, demi memberikan rasa aman dan kepastian dalam berusaha dan bekerja dalam meningkatkan investasi di bidang penempatan PMI ke Luar Negeri.

Kegiatan APJATI adalah berperan aktif dalam membangun dan mengembangkan system penempatan dan perlindungan pekerja migran Indonesia ke luar negeri secara profesional di dalam maupun di luar negeri, berperan aktif memberi masukan kepada pemerintah atau pihak lain dalam merumuskan kebijakan. Penempatan dan perlindungan pekerja migran Indonesia dan kegiatan lainnya yang bermanfaat untuk pengembangan kemampuan dan kualitas jasa penempatan pekerja migran Indonesia, menyebarluaskan informasi serta melakukan sosialisasi system dan mekanisme penempatan pekerja migran Indonesia ke Luar Negeri kepada masyarakat, membina Kerjasama yang saling menguntungkan dengan Lembaga Lembaga terkait dengan ketenagakerjaan baik didalam maupun di luar negeri, menjalin hubungan dengan Lembaga keuangan di dalam maupun di Luar Negeri, serta membangun dan mengembangkan jaringan informasi terpadu dengan memanfaatkan system teknologi informasi serta menggunakan rumusan prosedur standar operasional yang bermanfaat bagi seluruh anggota.

Ayub Basalamah telah menjalani selaku Ketua Umum APJATI hampir 12 tahun dan tentunya dengan banyak kekurangan kekurangan tidak mudah dalam menjalankan tugas tugas didalam pasang surutnya dunia penempatan. Disisi lain lanjutnya, figur pemimpin APJATI ke depan harus punya visi misi dan selalu bergerak dinamis dibidang dunia penempatan Pekerja Migran Indonesia ke Luar Negeri. Pengalamannya harus benar benar terasah dibidang tersebut. Harapan saya, Ketua Umum APJATI kedepan harus lebih baik dan lebih bagus dari saya, sehingga perjalanan bisnis Anggota Asosiasi menjadi lebih baik mampu bersinergi dengan pengurus APJATI dan juga dengan P3MI Anggota APJATI. (TN)