trustnews.id

Berangkat dari Prestasi Perumda Air Minum Giri Nawa Tirta  Fokus Tingkatkan Pelayanan Masyarakat
Dok, istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Giri Nawa Tirta Pasuruan kembali mencatatkan prestasi membanggakan di tahun 2024. Hal itu ditegaskan Direktur Utama Perumda Air Minum Giri Nawa Tirta, Za’ari, kalau perusahaan yang dikomandaninya mampu meraih prestasi dengan berhasil masuk dalam jajaran 5 besar nasional sebagai perusahaan Perumda Air Minum dengan kategori 10 ribu sampai 30 ribu Pelanggan.

“Alhamdulillah, kami optimis dalam pengelolaan pada sektor air bersih. Ini dibuktikan dengan pencapaian kami yang masuk 5 besar di Indonesia dengan kategori 10 ribu sampai 30 ribu Pelanggan” kata Za’ari saat ditemui dalam keterangannya kepada Trustnews belum lama ini.

Pencapaian ini, lanjutnya menjadi pemicu semangat bagi Giri Nawa Tirta untuk terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, terutama dalam hal ketersediaan air bersih yang berkualitas. Za’ari menjelaskan bahwa fokus perusahaan saat ini adalah menambah saluran pelanggan di berbagai wilayah serta memastikan bahwa setiap keluhan atau pengaduan dari masyarakat terkait layanan air bersih dapat direspons dengan cepat.

“Kami sangat fokus untuk menambah saluran pelanggan dan mengoptimalkan layanan pengaduan seperti masalah kebocoran, air yang tidak keluar, dan lain-lain. Kami berkomitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas air yang kami distribusikan,” jelasnya.

Untuk mendukung program ini, Za’ari menyebutkan pihaknya juga sudah memperbarui sistem pengaduan dan layanan pelanggan. Sistem ini diharapkan mampu mempermudah masyarakat dalam menyampaikan keluhan, sehingga permasalahan yang ada dapat ditangani dengan lebih cepat dan efektif. Keberhasilan Perumda Giri Nawa Tirta tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan. Za’ari menyatakan bahwa Pemkab Pasuruan sangat mendukung program air bersih dan sehat yang dicanangkan oleh Perumda dari segi kebijakan.

Namun, Za’ari tidak memungkiri bahwa masih ada tantangan besar yang dihadapi, terutama saat musim kemarau. Pasokan air bersih bisa terganggu akibat berkurangnya sumber air, seperti yang sering terjadi di banyak daerah saat cuaca panas tiba.

“Kalau cuaca panas, otomatis volume air berkurang, dan ini terjadi di mana-mana. Tantangan terberat kami adalah menghadapi musim kemarau. Namun, kami terus mencari solusi untuk meminimalisir dampaknya terhadap pelayanan,” katanya.

Dengan prestasi yang telah dicapai serta komitmen kuat dari pihak manajemen, Perumda Air Minum Giri Nawa Tirta Pasuruan optimis dapat terus memberikan kontribusi yang signifikan dalam penyediaan air bersih bagi masyarakat, sekaligus menjaga posisi sebagai salah satu Perumda terbaik di Indonesia. (TN)