trustnews.id

Dandim Martapura Hijaukan Area Bandara internasional Samsudin Noor
Foto: istimewa

Martapura, InfoPublik - Kegiatan penanaman revolusi hijau, 300 batang bibit pohon jenis Trembesi disepanjang jalur jalan lingkar utara area Bandara Internasional Samsudin Noor dilakukan Kodim Martapura bersama Komunitas Pecinta lingkungan ST-12 Kota Banjarbaru, Jum'at ( 21/2/2020).

Usai melakukan olahraga bersama bersepeda susuri kampung.

Dandim 1006/ Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan Ini sebagai upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global, kegiatan penghijauan ini dilaksanakan di areal jalan masuk bandara.

“Kenapa kita lakukan di sekitar area bandara dan guntung damar bahwa setiap tahun daerah ini sudah menjadi langganan Karhutla, meski ada beberapa warga sadar akan lingkungan, bukan berarti sekitar wilayah ini aman dari asap, rumput humus lahan gambut di guntung damar masih rawan, daripihak bandara mengijinkan dan sangat mengapresiasi,” jelasnya.

“Kerjasama semua pihak diperlukan untuk mengawasi dan merawat tanaman ini. Agar bisa tumbuh kembang dengan baik, tidak ada yang merusak bibit pohon yang sudah kita tanam ini,” tandasnya.

Ketua Komunitas Pecinta Lingkungan Serbu Tanam 12 Orang ( ST-12) Drs.Kusno menuturkan

"Penanaman pohon yang dilakukan Kodim Martapura bersama kami tidak lain untuk mendukung program pemerintah dalam gerakan penghijauan,” tuturnya.

Ini merupakan solusi jangka panjang untuk melindungi tanah khususnya jalan yang baru dibangun guna menghentikan erosi.

Lanjut Kusno, penghijauan yang dilakukan jajarannya ini juga untuk membantu memperbaiki lingkungan sekaligus memperbaiki paru-paru dunia akan tersedianya oksigen bagi mahluk hidup, termasuk manusia.

"Saya sangat berterimakasih terhadap dukungan masyarakat dan TNI dalam kegiatan pagi ini bersama menanamkan kebaikan dengan kita menanam pohon sehingga dapat memberi penghijauan dan dapat memberikan kebaikan bagi kita,” tambahnya.

Turut hadir Kepala Bidang Observasi Dinas LH Banjarbaru, Para Danramil dan Perwira staf, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Martapura, serta Masyarakat (MC Kominfo Kab. Banjar)