trustnews.id

Ada Film Klasik
Layanr Tancep FFI 2020
Festival Film Indonesia 2020

Ada Film Klasik "Catatan Si Boy" dan "Taksi" di Layar Tancep FFI 2020

RAGAM Jumat, 24 Juli 2020 - 11:46 WIB Ariyanti

Jakarta - Program Pemutaran yang diadakan di luar ruangan ini diharapkan dapat melepaskan kerinduan penonton karena penundaan pembukaan bioskop (23 Juli, Jakarta) Festival Film Indonesia 2020 bersiap membuka rangkaian program menuju penghargaan yang bakal digelar di bulan Desember. Program pertama yang akan berjalan adalah pemutaran layar tancep luar ruangan yang digelar di M Bloc Space, mural area mulai Sabtu 25 Juli.

Pemutaran perdana ini juga bekerjasama dengan PLTI (Persatuan Layar Tancep Indonesia). Berikutnya juga akan menggandeng Kineforum. Dua film pertama yang akan diputar adalah film “Catatan Si Boy” (1987, sutradara Nasri Cheppy) yang masuk dalam seksi program “Darah Muda” dan “Taksi” (1989, sutradara Arifin C. Noer) yang masuk dalam seksi program “Halo? Indonesia?”.

Film “Catatan Si Boy” di tahun 1988 mendapatkan nominasi Sutradara Terbaik dan Tata Musik Terbaik (untuk Dodo Zakaria). Film ini dibintangi antara lain oleh Onky Alexander, Didi Petet, dan Meriam Bellina. Sedangkan film “Taksi” mendapatkan enam Piala Citra di Festival Film Indonesia 1990, hebatnya film ini memenangkan lima kategori utama yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik (Arifin C. Noer), Pemeran Utama Pria Terbaik (Rano Karno), Pemeran Utama Wanita Terbaik (Meriam Bellina). Film-film ini akan diputarkan dengan format aslinya yaitu film 35MM.

Program Pemutaran ini rencananya akan menjadi program yang dilakukan secara berkala dengan tujuan menyapa masyarakat melalui khazanah film Indonesia yang luas. Selain pemutaran film akan dilakukan juga kegiatan turunannya, seperti diskusi seputar tema, pembuatan dan konteks film terkait dengan tokoh yang terlibat maupun yang berkompeten di bidangnya.

Film-film Indonesia dipilih berdasarkan tema tertentu dan dimasukkan seksi program seperti: “Aku Pulang!” adalah subprogram yang ingin menyapa seluruh keluarga Indonesia. Terdiri atas lm- lm yang mengeksplorasi makna keluarga bagi kita semua. “Halo? Indonesia” berkehendak untuk menyapa manusia Indonesia yang ingin merenungkan ulang mengenai posisinya sebagai bagian dari bangsa. Sejauh mana ia telah berkontribusi kepada bangsanya, dan sebaliknya, apa yang telah bangsa ini berikan padanya.

Subprogram “Mata Perempuan” berusaha mengeksplorasi permasalahan yang dihadapi para perempuan Indonesia, dan merekam jejak ketangguhannya, sambil merenungkan ulang: masyarakat seperti apa yang “memaksa” para srikandinya harus menghadapi permasalahan seperti yang digambarkan.

Subprogram “Darah Muda” ingin merayakan semangat mereka yang muda, yang banyak mencari, yang masih hendak bereksplorasi, dan yang (seharusnya) masih sempat dan bisa berbuat salah demi proses pendewasaan diri. “Di Tepian Arus” ingin menyapa mereka yang tersembunyi maupun yang bersembunyi dari riuhnya derap masyarakat. Yang terpinggir ataupun meminggirkan diri. Yang dilupakan masyarakat ataupun yang ingin dilupakan. Film sepatutnya menjadi salah satu corong suara yang tersisa, meskipun hanya untuk sekedar tidak terbuang dari ingatan.

Selain subprogram-subprogam tematik itu, Festival Film Indonesia juga ingin memberikan penghormatan pada karier dan dedikasi panjang rekan-rekan insan perfilman yang telah lebih dulu meninggalkan kita, dalam rangkaian retrospektif. Tiga aktor film yang akan digelar retrospektif khususnya adalah Ria Irawan, Henky Solaiman, dan Didi Petet.