trustnews.id

KPK: Rakyat bersama KPK dibawah Komando Firli Bahuri dukung Pemberantasan Korupsi
ilustrasi

JAKARTA - Aktivis Kader Penggerak Anti Korupsi (KPAK), Purwanto mengapresiasi kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibawah kepemimpinan Firli Bahuri cs dalam pemberantasan korupsi. Hal tersebut disampaikan Purwanto mengomentari temuan survei terkait Persepsi Publik Terhadap Penegakkan Hukum dan Tugas Lembaga Hukum dan Isu Ekonomi oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada minggu (24/7/2022).

Menurut Purwanto, temuan survei itu penting menjawab psimisme berbagai kelompok yang selama ini terus merongrong dan membangun framing buruk terhadap kinerja KPK. “Kami menyambut baik temuan survei tersebut. Kepercayaan publik yang begitu tinggi ditengah gencarnya framing negatif terhadap kinerja KPK jadi bukti bahwa pemerantasan korupsi masih on the track,” kata Purwanto melalui keterangan tertulisnya, Senin (25/7/2022).

Purwanto berharap hasil temuan survei tersebut menjadi lecutan semangat untuk KPK terus bekerja dalam pencegahan dan penindakan tindak pidana korupsi tanpa pandang bulu, tegak lurus diatas kepentingan bangsa dan negara yang adil dan sejahtera demi mewujudkan Indonesia bersih bebas korupsi.

“Pokoknya, rakyat bersama KPK dibawah Komando Firli Bahuri mendukung penuh agar Indonesia Bersih, Adil, dan Makmur bebas Korupsi,” tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan dalam hasil temuan surveinya terkait Persepsi Publik Terhadap Penegakkan Hukum dan Tugas Lembaga Hukum dan Isu Ekonomi menyampaikan bahwa mayoritas publik menilai kinerja yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sangat baik dalam memberangus praktik korupsi di lingkungan pejabat tinggi negara.

"Kami juga menanyakan kepadaku publik bagaimana apakah kinerja mereka kinerja kepolisian Kejaksaan dan kehakiman dan KPK itu baik atau buruk menurut penilaian publik nah hasilnya adalah KPK dinilai positif atau baik dan sangat baik oleh publik sebanyak 61 persen,” ucap Djayadi.

“Jadi penilaian terhadap baik buruknya kinerja lembaga-lembaga hukum dalam menjalankan tugasnya itu berada di angka 53 persen sampai dengan 61 persen masih positif tetapi ada yang mendekati angka 50 persen,” tambahnya.

Survei LSI ini dilakukan pada periode Juni hingga awal Juli 2022, dengan metodologi random digit dialing melalui sambungan telepon sebanyak 1.206 responden, dengan memilih sampel secara acak. Margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 29 persen, asumsi sample random sampling.