trustnews.id

Gowes Santai Sambil Menikmati Obyek Wisata Sendang Kun Gerit
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Banyak cara untuk mengiatkan olahraga dan memperkenalkan sejumlah potensi wisata kepada masyarakat. Salah satunya seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Mereka menggelar event nasional bertajuk Tour De Sragen 2024. Tujuannya, selain menyambut Hari Jadi Kabupaten Sragen, juga untuk berkampanye tentang pentingnya berolah raga, sambil memperkenalkan obyek-obyek wisata mmilik wilayah yang dikenal dengan sebutan Kota Fosil tersebut. 

“Ini bukan sekadar bersepeda, tapi juga cara wisata dengan gowes begini, justru untuk menjaring masyarakat agar berolahraga, sekaligus menjadikan wisata di Sragen punya nilai lebih,” terang Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat melepas langsung ribuan goweser Tour De Sragen di depan tugu Rumah Dinas Bupati Sragen Minggu (19/5/2024).

Untuk tahun ini, lokasi finish yang dipilih adalah objek wisata Sendang Kun Gerit, Gemolong. Diikuti lebih dari 1.000 pecinta sepeda atau goweser. Mereka dilepas dari garis start pada pukul 06.15 WIB, dengan rute perjalanan sekitar 27 kilometer dan istirahat serta checkpoint di SMPN 2 Tanon. 

Sendang Kun Gerit, merupakan hidden gem wisata baru di Sragen. berupa pemandian yang bersumber dari sendang mata air alami. Objek wisata ini berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi. Berlokasi di Dusun Kukun Gerit, Desa Jatibatur, Kecamatan Gemolong. 

“Mengawali start hari ini sengaja lokasi finishnya yang dipilih di Objek Wisata Sendang Kun Gerit. Harapannya, para pesepeda bisa berwisata air di sana setelah setelah berkegiatan sepeda. Ini meruapakan salah satu potensi wisata yang ada di Kabupaten Sragen,” ucap Bupati.

Bupati Sragen mengapresiasi antusiasme dan euforia masyarakat Sragen, yang ditunjukkan selama kegiatan Tour De Sragen 2024. “Tahun lalu sama bagusnya. Tahun ini juga sama, alhamdulillah. Yang membedakan hanya rute dan lokasi finish objek wisatanya. Karena, kami berkomitmen lewat Tour De Sragen ini bisa mengenalkan wisata yang ada di Sragen” lanjutnya.

Selain wisata air, selama ini Sragen mempunyai sejumlah obyek wisata unggulan yang patut dinikmati para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Di antaranya, Museum Manusia Purba Sangiran berada di Dukuh Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe. Ada juga obyek wisata religi Makam Joko Tingkir di Dukuh Butuh, Desa Gedongan, Kecamatan Plupuh. Anda juga bisa menikmati santapan kuliner tempo dan berselfie ria di Pasar Bahulak yang terletak  di Dukuh Sawahan, Desa Karungan, Kecamatan Plupuh dan masih banyak sejumlah obyek wisata unggulan lainnya.