trustnews.id

Komitmen Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta dalam Penyampaian Informasi Penerimaan dan Pengeluaran APBN di Regional DKI Jakarta Melalui Siaran Pers
Dok, Fathurrahman, Kassubag TURT Kanwil DJPb Prov. DKI Jakarta/Istimewa

TRUSTNEWS.ID - Saat ini informasi menjadi hal yang memegang peran penting dalam perkembangan masyarakat. Bahkan saat ini dikenal istilah era informasi dan masyarakat informasi. Arus informasi yang begitu beruntun menerpa masyarakat, saat ini memiliki kepentingan yang besar untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya.

Penyebaran informasi kepada masyarakat dapat dilakukan di berbagai bidang dengan berbagai macam cara baik lisan maupun tulisan. Demikian pula dalam bidang kehumasan atau humas atau hubungan masyarakat yang merupakan bagian dari suatu organisasi. Salah satu fungsi kehumasan adalah penyebaran informasi ke publik. Penyebaran informasi publik merupakan salah satu jalan yang dilakukan oleh kehumasan dalam membangun hubungan yang baik dengan publik atau masyarakat.

Siaran pers memiliki peran yang penting sebagai penunjang aktivitas publikasi Humas Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi DKI Jakarta. Siaran pers sebagai bentuk penyebaran informasi publik berperan cukup efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

Terhitung sejak Maret 2022, Humas Kanwil DJPb telah menerbitkan sepuluh siaran pers Penerimaan dan Pengeluaran APBN di Regional DKI Jakarta, adapun kesepuluh siaran pers tersebut adalah sebagai berikut: Sinergi untuk Pemulihan Ekonomi di DKI Jakarta Berlanjut dengan Dukungan APBN, Indikator Makro Ekonomi Regional DKI Jakarta Membaik Sejalan dengan Penguatan Pemulihan Ekonomi Nasional, Pemulihan Ekonomi di DKI Jakarta Terus Membaik Sejalan dengan Akselerasi Belanja Negara untuk Melindungi Masyarakat, Pendapatan Meningkat, APBN Makin Sehat untuk Dukung Program bagi Rakyat, Peningkatan Penerimaan Bantu DKI Jakarta Jaga Momentum Pemulihan, APBN Hadir sebagai Shock Absorber Dampak Peningkatan Risiko Global, Kinerja Nyata APBN Mengakselerasi Pemulihan Ekonomi, APBN Hadir Untuk Menjaga Pemulihan Ekonomi, Didukung Penerimaan yang Tumbuh Positif, APBN Hadir Melindungi Masyarakat, dan Realisasi Pendapatan APBN Regional Lebihi Target, Dorong Perekonomian DKI Jakarta Menguat.

Siaran pers tersebut disusun berdasarkan pelaksanaan kegiatan Press Conference Kinerja APBN Regional DKI Jakarta bulanan, hasil sinergi Kemenkeu Satu DJPb, DJP, DJBC, dan DJKN wilayah DKI Jakarta. Masyarakat dapat memantau hasil siaran pers melalui portal berita seperti www.trustnews.id dan rri.co.id, sehingga masyarakat tetap dapat memonitoring penggunaan dan pemanfaatan dana APBN yang dilakukan oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangan Regional DKI Jakarta.

Berkaitan dengan jumlah siaran pers yang dihasilkan tersebut, eksistensi siaran pers sebagai penyebaran informasi publik perlu untuk dilakukan. Adanya kegiatan siaran pers juga sangat berperan dalam mengatur arus informasi yang terkait dengan aktivitas pemerintah dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Kehadiran siaran pers Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta sebagai salah satu aktivitas Humas yang didalamnya memuat informasi mengenai peristiwa penting dan dipandang perlu untuk diketahui publik, memegang peran penting dalam menunjang kegiatan publikasi yang dilakukan oleh Humas Kanwil DJPb DKI Jakarta sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas APBN Regional DKI Jakarta kepada masyarakat.

(san)