trustnews.id

Insan Cita Mengabdi Jilid 2: Berbeda dengan Tahun Sebelumnya?
Dok, HMI Fisip UIN JKT/Trustnews

TRUSTNEWS.ID - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Cabang Ciputat kembali akan melaksanakan program unggulannya, berupa program pengabdian masyarakat. Kegiatan ini bernama "Insan Cita Mengabdi" (ICM) yang akan dilaksanakan kedua kalinya setelah sebelumnya pernah dilaksanakan perdana pada 6-12 Februari 2022.

ICM hadir sebagai program kegiatan yang menjadi sarana bagi mahasiswa HMI Komfisip untuk mengabdikan diri, ilmu, dan dedikasinya kepada masyarakat. Mahasiswa disebut sebagai "Agent of Change" yang bertanggung jawab untuk menjadi garda terdepan dalam mencerdaskan bangsa. Serta dalam rangka mewujudkan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi, maka pengabdian masyarakat menjadi hal yang patut diimplementasikan oleh Mahasiswa. 

ICM mendatang akan dilaksanakan pada tanggal 15 - 24 Januari, selama 10 hari. Tahun ini, kegiatan tersebut masih dilaksanakan di lokasi yang sama dengan sebelumnya, yaitu Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten. Mahasiswa/i HMI Komfisip UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pun telah melakukan survey pada hari Sabtu dan Minggu (3-4/12/22)

Survey lokasi (3-4/12/22) bersama Kepala Desa Cipanas, Mukhtarudin

Ket Foto: Survey lokasi (3-4/12/22) bersama Kepala Desa Cipanas, Mukhtarudin

Survei ini dilakukan dalam rangka bersilaturahmi dan melihat kembali perkembangan yang terjadi di Kp. Seah Kec. Cipanas Kab. Lebak Banten setelah terakhir kali dilakukan pengabdian. Beberapa pertimbangan juga telah didiskusikan bersama, sehingga pada akhirnya, panitia memilih lokasi yang sama seperti ICM tahun 2022 lalu.

Wirajati selaku ketua pelaksana pada ICM 2023 menyampaikan:

“Kita ingin melakukan aksi kontinuitas / sustainable dedication di Desa tersebut, karena disanalah program ICM sebelumnya kita laksanakan. Maka diharapkan, HMI Komfisip melalui program "Insan Cita Mengabdi" yang kedua kalinya di desa Cipanas ini, dapat menghadirkan pengabdian dengan inovasi dan warna baru untuk masyarakat disana. Lalu kami juga ingin berupaya memberikan dukungan ataupun fasilitas yang berkesinambungan manfaatnya, agar bisa dikembangkan dan menjadi penunjang kreatifitas warga Desa Cipanas untuk kemajuan ekonomi, edukasi, dan lain-lain”

ICM jilid 2 hadir dengan terobosan-terobosan baru yang tentu dapat memberikan positive impact bagi warga sekitar. ICM tahun ini mempunyai program-program unggulan yang berbeda dengan tahun sebelumnya, seperti pembangunan bank sampah, penanaman 1000 bibit pohon untuk diberdayakan, pembuatan taman baca, dan masih banyak yang lainnya.

Warga sekitar dan kepala desa merasa senang dan antusias mendukung agar diadakannya kembali ICM jilid 2 ini. Semua pihak berharap, kegiatan ini mampu memperkuat hubungan silaturahmi antara mahasiswa dan warga sekitar dan memberikan manfaat bagi masing-masing pihak.

Panitia Pelaksana Insan Cita Mengabdi membuka peluang bagi seluruh pihak untuk ikut serta mensukseskan kegiatan pengabdian ini, agar dapat terlaksana dengan baik dan memperoleh banyak manfaat. Partisipasi dapat dilakukan juga melalui saluran donasi, yang nantinya akan dimanfaatkan untuk pengabdian masyarakat. Donasi dapat berupa uang, buku-buku atau alat tulis, dan lain-lain. 

Rekening Donasi : 1192313303 an. Nurhaliza Rahma Damanik

Konfirmasi Donasi : +62 878-7947-2174 (Laras)

(ais, wira, tang, san)