trustnews.id

Mengedepankan Terobosan Inovasi Guna Mencetak SDM Handal
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID - Tugas yang diemban Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banyuwangi, Jawa Timur tidaklah ringan.

Di satu sisi, oleh negara melalui Kementerian Ketenagakerjaan diarahkan fungsinya sebagai lembaga pelatihan yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di Kabupaten Banyuwangi. Tujuannya, untuk menekan angka pengangguran, tingkat kemiskinan dan mencetak SDM yang siap bersaing di era global sekarang ini. 

Tapi disisi lain, dilematisnya BPVP yang dikomandani oleh Rusman, S.Pd. selaku kepala ini sering dihadapkan pada tantangan yang cukup kuat, terkait peserta pelatihan. “Satu di antaranya sulit mendapatkan peserta yang memiliki motivasi kuat untuk bekerja atau berwirausaha. Hal ini dikarenakan kultur masyarakat Banyuwangi yang masih sulit untuk berubah,” ungkap Rusman kepada Trustnews belum lama ini.

Namun demikian, diakuinya berbagai terobosan terus dijalankan. Terutama untuk menjaring para peserta para yang memiliki motivasi kuat hingga akhirnya mampu memenuhi permintaan dunia industri, baik skala lokal maupun nasional. Inovasi yang digunakan untuk mendukung upaya tersebut dengan mengembangkan berbagai inovasi program sesuai kebutuhan masyarakat dunia usaha / dunia Industri serta berkolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk mengisi kebutuhan pasar kerja dan mencetak pengusaha muda baru.

Di sisi lain, diakui Rusman, pihaknya juga mengembangkan kolom produk alumni di website mereka. Kolom ini merupakan bentuk jawaban terhadap permasalahan pemasaran produk oleh wirausahawan baru. Melalui inovasi ini BLK Banyuwangi berusaha menjembatani alumni dengan pasar atau customer. 

“Harapannya, melalui program inovasi ini para peserta pelatihan semakin termotivasi menjadi seorang pegawai profesional atau enterpreneur yang mampu menciptakan produk-produk baru yang bernilai jual tinggi,” tambah Rusman. 

Langkah ini diakuinya bisa ditopang melalui figur instruktur yang kompeten. Figur-figur ini terus dikebangkan kualitasnya melalui pelatihan Up Grading Instruktur yang dilaksanakan oleh Direktorat Bina Intala Ditjen Binalavotas dan menghadirkan para praktisi Industri untuk sharing atau transfer knowledge sesuai kejuruan yang ada di BPVP Banyuwangi.