trustnews.id

MENDAG Zulkifli Hasan Garap Pasar Ekspor Ke India

TRUSTNEWS.ID,. - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan kembali bertemu Menteri Perdagangan dan Industri India Piyush Goyal di New Delhi, India. Kedua menteri membahas penguatan kerja sama di lima sektor, yaitu teknologi informasi (IT), kesehatan, tekstil, furnitur, serta pendidikan dan sumber daya manusia. 

“Saya optimistis masih banyak ruang untuk semakin meningkatkan hubungan dan kerja sama perdagangan, serta investasi kedua negara. Diharapkan kedua negara dapat meningkatkan kerja sama setidaknya di lima sektor, yaitu IT, kesehatan, tekstil, furnitur, serta pendidikan dan sumber daya manusia,” ujar Mendag Zulkifli Hasan. 

Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, India merupakan mitra strategis Indonesia, yakni sebagai negara tujuan ekspor terbesar ke-4 dan ke-21 sumber investasi asing terbesar. Selain itu, saat ini, kedua negara telah memiliki ASEAN-India Free Trade Agreement (FTA) sebagai perjanjian dagang regional. 

“Diharapkan secepatnya kedua negara dapat memulai perundingan Preferential Trade Agreement (PTA) bilateral yang telah dijajaki sejak 2020. PTA dapat mengoptimalkan potensi ekonomi kedua negara. Indonesia terbuka untuk merundingkan perjanjian dagang yang berfokus pada isu kepentingan kedua negara,” lanjut Mendag Zulkifli Hasan. 

Tak hanya bertemu dengan Piyush Goyal, selama di India, Mendag Zulkifli Hasan menginisiasi kerja sama investasi perusahaan kesehatan India di Indonesia. Melalui kerjasama ini, diharapkan bisa berdampak positif pada kemudahan akses masyarakat atas layanan kesehatan berkualitas yang terjangkau. 

Inisiatif tersebut disampaikan saat Mendag Zulkifli Hasan bertemu Wakil Direktur Pengembangan Korporat Apollo Hospitals Enterprise Harinder Singh Sidhu dan berharap Apollo Hospital dapat segera merealisasikan investasi bidang kesehatan di Indonesia. Dengan layanan berstandar internasional dan cabang di beberapa negara, diharapkan Apollo Hospitals dapat mengembangkan jaringannya di Indonesia. 

'Apollo Hospitals merupakan salah satu rumah sakit terkemuka di India dan dunia. Saya mengundang mereka untuk lebih jauh lagi melakukan investasi berbagai infrastruktur kesehatan Indonesia, kata Mendag Zulkifli Hasan. 

Tak hanya itu, Zulkifli Hasan juga mengadakan bertemu dengan perwakilan pelaku usaha India. Dalam Pada pertemuan ini, Mendag RI mengajak pelaku usaha India untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan berinvestasi di Indonesia.

Pelaku usaha tersebut yakni perwakilan HCL Technologies yang bergerak di bidang pengembangan kapasitas dan teknologi informasi, GMR yang bergerak di bidang infrastruktur dan manajemen bandara, Dr. Reddy's Laboratories di bidang farmasi, dan Ashok Leyland di bidang transportasi dan alat pengangkut. 

Mendag berharap, melalui pengembangan usaha di Indonesia, masyarakat di kedua negara dapat memetik manfaat. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan lapangan kerja dan kapasitas sumber daya manusia. 

Di sela selama kunjungannya, Mendag Zulkifli Hasan juga menyempatkan waktu untuk bertemu dengan para pelajar Indonesia (Persatuan Pelajar Indonesia/PPI) di Kedutaan Besar RI di New Delhi, India Mendag Zulkifli Hasan mengajak para pelajar menjadi duta produk dengan menggunakan merek buatan lokal. 

"Kita harus memperjuangkan produk Indonesia dengan perannya masing-masing. Kuncinya adalah kerja sama. Mahasiswa Indonesia di India bisa mempromosikan produk Indonesia dimulai dengan kebiasaan menggunakan produk Indonesia sehingga kecintaan akan terbentuk," ujarnya dalam pertemuan tersebut.