trustnews.id

JALANKAN PROGRAM KAMPUNG IKLIM HINGGA RESTORASI EKOSISTEM LAUT UNTUK TINGKATKAN PARIWISATA DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT, MENTERI LHK RI ACUNGKAN JEMPOL
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. 1 Juli 2023 - PLN Indonesia Power terus menunjukkan komitmennya dan turut berkontribusi dalam peningkatan perekonomian, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) hingga pelestarian lingkungan Indonesia melalui program TJSL. Hal itu ditunjukkan melalui kepedulian PLN IP UPDK Mahakam terhadap sosial dan lingkungan. Atas aksi korporasi ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar berikan apresiasi setinggi-tingginya.

PLN IP UPDK Mahakam kuatkan program TJSL dengan melakukan Pembinaan, Peningkatan dan Penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda. Selain itu juga dilakukan Restorasi Ekosistem Laut Muara Badak melalui Transplantasi Terumbu Karang. 

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan PLN IP terus lakukan inovasi salah satunya melalui program CSR dengan menciptaan CSV bagi korporasi maupun masyarakat sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan ekonomi, sosial, Kesehatan dan lingkungan.

“Setiap program TJSL yang dijalankan oleh PLN Indonesia Power diharapkan dapat menciptakan Creating Shared Value (CSV), sehingga dapat berkontribusi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” ujar Edwin.

Diketahui PLN IP UPDK Mahakam telah melakukan restorasi terumbu karang yang rusak akibat pengeboman ikan di sepanjang pesisi muara badak. Seiring berjalannya waktu pertumbuhan terumbu karang meningkat tajam yaitu mencapai 100%. Kini masyarakat dapat merasakan hasilnya, dimana keindahan bawah laut muara badak telah pulih hingga berdampak pada peningkatan wisatawan yaitu sebanyak 133% yang kemudian turut mendongkrak perekonomian masyarakat setempat melalui pariwisata.

Selain itu UPDK Mahakam juga lakukan pembinaan, peningkatan dan penguatan Program Kampung Iklim di Kota Samarinda. Program ini dijalankan melalui aksi water harvesting, penanaman pohon, pembuatan hidroponik, pengelolaan sampah dan penguatan kapasitas kemandirian ekonomi. Hal ini juga merupakan salah satu wujud komitmen PLN Indonesia Power UPDK Mahakam terkait aspek Environmental, Social & Governance (ESG). 

Narahubung:

Agung Siswanto

_Sekretaris Perusahaan PT PLN Indonesia Power_

[email protected]

(021) 5267666

Sekilas Tentang PLN Indonesia Power

_PT PLN Indonesia Power adalah Generation Company terbesar se-Asia Tenggara Sub Holding BUMN kelistrikan yaitu PT PLN (Persero). PLN Indonesia Power selalu berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi yang berbasis teknologi, inovasi, dan berorientasi pada masa depan menuju The NEW PLN 4.0 UNLEASHING ENERGY and BEYOND._