trustnews.id

Komitmen Askrindo Cabang Bekasi Untuk Kawal Usaha Kecil Menengah

TRUSTNEWS.ID,. - Situasi inilah yang mendasari Bisnis PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Cabang Bekasi untuk terjun langsung di lini bisnis asuransi kredit yang sifatnya mengcover kegiatan retail seperti Kredit Perumahan Rakyat, kredit usaha Rakyat, Program Pemulihan Ekonomi Nasional serta kredit lain untuk membantu pelaku usaha UMKM.

“Kami akan terus mengoptimalkan potensi-potensi usaha mikro kecil dan menengah ini terus dapat tumbuh bersama Askrindo cabang Bekasi terutama usaha yang tidak bankable tetapi feasible,” terang Dewa Nyoman Pradana Kepala Askrindo Cabang Bekasi kepada Trustnews.

Langkah nyata yang dilakukan untuk mendukung kegiatan pelaku usaha kecil, mikro dan menengah adalah melalui kegiatan Corporate Social Responsibility atau sekarang yang dikenal dengan  istilah Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang disupport langsung oleh Kantor Pusat PT Askrindo. Dukungan nyata tersebut dilakukan dengan memberikan bantuan bagi para nelayan berupa dua bubu jaring dengan kualitas bagus, sedangkan petani tambak mendapatkan bubu naga khusus tambak, lalu bibit bandeng dan bibit udang pancet, Salah satu upaya tersebut dilakukan di Desa Hurip Jaya, Babelan, dan Desa Pantai Harapan Jaya, Muara Gembong Bekasi, Jawa Barat.

“Kami dari Askrindo Cabang Bekasi tetap berkomitmen akan terus mendukung pemerintah sesuai dengan arahan Management untuk membantu pemulihan UMKM setelah pandemi covid dalam hal ini bekerjasama dengan perbankan BUMN untuk memberikan kredit PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) serta penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR),” tandas Dewa.

Program pendampingan dan pemberian bantuan untuk UMKM itu merupakan salah satu program setiap tahun yang dilakukan oleh kantor cabang PT Askrindo di berbagai kota. Sejak awal tahun kegiatan serupa telah dilaksanakan di Kabupaten Konawe, Kendari, Pekanbaru, Karanganyar, Garut, dan Jember. Tujuannya, Askrindo ingin berdampingan dengan para pelaku UMKM sebagai penyalur KUR dari BRI.

“Melalui KUR ini akan ada untuk alat khusus pertanian, KUR dari mulai mikro sampai super mikro, dari Rp10 hingga Rp500 juta. Mudah-mudahan bisa mendapat akses lebih mudah. Sebagai penjamin, kami mendukung program ini agar bapak ibu bisa memgembangkan usahanya,” katanya.

Keyakinan Askrindo Cabang Bekasi dalam mengembangkan eksistensinya juga semakin kuat setelah menyaksikan langsung optimisme pemerintah Kabupaten Bekasi dalam penargetan investasi di 2023. Ditambah lagi pergerakan infrastruktur yang terus berkembang melahirkan banyak banyak pelaku atau pengusaha-pengusaha bisnis ritel yang dapat bersinergi dengan Askrindo Cabang Bekasi untuk pengembangan usahanya.

Untuk itu, lanjut Dewa, pihaknya berkomitmen untuk melakukan penguatan di bisnis ritel melalui penawaran asuransi kredit untuk korporasi serta asuransi umum/kerugian dengan melindungi aset yang dimiliki oleh pebisnis korporasi seperti hotel, pabrik dan lain-lain. Upaya ini juga ditunjang dengan strategi khusus yang mengembangkan inovasi-inovasi baru. Di antaranya melalui kemudahan Aplikasi DIGI ASK yang dapat di download melalui smartphone. Salah satu produk yang dapat diakses adalah asuransi kecelakaan diri (personal accident). Penggunaannya pun sangat mudah. Sehingga sangat membantu dan memudahkan nasabah atau calon nasabah jika mengalami sesuatu di luar kendali yang tidak dikehendaki.

“Kami berharap, kedepannya Askrindo Cabang Bekasi dapat terus berkontribusi untuk membantu perekonomian melalui UMKM atau Korporasi sebagai salah satu penggerak Ekonomi di Indonesia,” harap Dewa.