trustnews.id

Targetkan 1.300 Sambungan Baru di Tahun 2024  Tirta Lestari Tuban Fokus Pada Pelayanan dan Kualitas Air Bersih
Dok, istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Seiring dengan berkembangnya industri dan munculnya hunian-hunian baru di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ibarat angina segar yang mampu memberikan semangat tersendiri bagi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Lestari Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Sehinga tidak salah apabila perusahaan yang dikomandani Slamet Riyadi selaku Direktur Utama itu, optimis mampu mencapai target yang telah digariskan di tahun di tahun 2024, asalkan diiringi dengan target penambahan 1.300 Sambungan Rumah (SR) baru. Penambahan tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya perluasan cakupan pelayanan air bersih di wilayah tersebut.

"Kami melihat adanya peningkatan kebutuhan air bersih di berbagai kawasan, termasuk di sektor industri dan hunian baru di wilayah Tuban. Ini mendorong kami untuk terus berinovasi dan memperluas sambungan rumah baru. Penambahan SR ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan pendapatan perusahaan, sekaligus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang memerlukan akses air bersih," ujar Slamet Riyadi dalam keterangan tertulisnya kepada Trustnews belum lama ini.

Diyakini Slamet Riyadi akan berpengaruh langsung terhadap peningkatan pendapatan Perumda Air Minum Tirta Lestari. Dengan cakupan pelayanan yang lebih luas, diharapkan Perusahaan mampu berkontribusi lebih besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tuban.

"Selain menambah SR, kami juga berkomitmen untuk terus meningkatkan setoran PAD kepada Pemerintah Kabupaten Tuban sebagai salah satu indikator keberhasilan kinerja kami," tambah Slamet Riyadi.

Dalam upaya menghadirkan air bersih yang berkualitas, Perumda Air Minum Tirta Lestari bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban. Kerja sama ini dilakukan sebagai bagian dari implementasi Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 492/MENKES/PER/VI/2020 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

"Air bersih yang kami distribusikan harus memenuhi standar kesehatan sesuai peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan untuk memastikan bahwa kualitas air yang didistribusikan ke pelanggan selalu terjaga dengan baik," kata Slamet.

Dengan demikian, masyarakat tidak hanya mendapatkan air bersih, tetapi juga air yang aman dan layak dikonsumsi. Keberhasilan Perumda Air Minum Tirta Lestari Kabupaten Tuban tidak hanya diukur dari jumlah sambungan aktif yang bertambah, tetapi juga dari beberapa indikator lain seperti pencapaian laba, setoran PAD, dan hasil penilaian dari auditor independen.

Slamet Riyadi menjelaskan bahwa pihaknya selalu berupaya untuk memenuhi semua target tersebut, sembari meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Kami terus berupaya meningkatkan kinerja manajemen, baik dalam hal penambahan sambungan rumah maupuncakupan pelayanan. Selain itu, kami juga fokus pada peningkatan setoran PAD dan tentunya kualitas pelayanan," ujarnya.

Salah satu fokus utama perusahaan adalah merespons cepat setiap keluhan atau aduan dari masyarakat, terutama terkait gangguan layanan air.

Pelayanan yang cepat dan tepat merupakan kunci keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan kepercayaan pelanggan. Dengan komitmen yang kuat dan dukungan penuh dari pemerintah daerah, Slamet Riyadi optimis bahwa Perumda Air Minum Tirta Lestari Kabupaten Tuban akan terus berkembang dan memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat.

“Kami berupaya untuk menjadi perusahaan yang tidak hanya sekadar menyediakan air bersih, tetapi juga berperan aktif dalam mendukung pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (TN)