trustnews.id

Geliat PT Angkasa Pura I Bangkitkan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang

TRUSTNEWS.ID - Barulah pada Juli 2023, PT Angkasa Pura I melihat perkembangan yang positif. Traffic di Bandara Ahmad Yani kembali meningkat. Angkanya mencapai 80% dari tingkat traffic pada tahun 2019. Bahkan pendapatannya juga melampaui RKA.

“Ini menunjukkan bahwa permintaan masyarakat untuk menggunakan layanan kami semakin meningkat. Bahkan, saat ini, hampir 90% masyarakat menunjukkan minat untuk menggunakan layanan kami,” terang Fajar Purwawidada General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang kepada Trustnews belum lama ini.

Oleh karena itu, Angkasa Pura I Ahmad Yani berupaya untuk meningkatkan pelayanannya dengan menambah slot dan jumlah rute. Namun, tantangan saat ini adalah jumlah dari RDA, termasuk petroplannya, masih meningkat secara perlahan. Sebelum pandemi Covid-19, jumlah pesawat mencapai sekitar 700 unit, tetapi setelah pandemi, hanya 400-500unit yang aktif.

Diakuinya, kondisi ini bisa terjadi lantaran selama periode pemulihan pasca pandemi, perusahaan penerbangan juga sedang melakukan restrukturisasi finansial yang memungkinkan mereka untuk menambah armada pesawat. Bandara Ahmad Yani terus berupaya meningkatkan pelayanan agar dapat memenuhi tingginya ekspektasi penumpang terhadap pelayanan bandara.

“Selain itu, kami juga sedang melakukan diversifikasi dalam bisnis kami dengan mengoptimalkan penggunaan area di luar bandara untuk layanan pendukung, termasuk mengisi tenan di dalam terminal yang sebelumnya kosong. Sekitar 80% dari tenan tersebut sudah terisi, dan kami berencana untuk menambah keberagaman isi tenan, termasuk yang berkaitan dengan ritel,” tambahnya bangga.

Pihaknya juga berupaya untuk mengoptimalkan transportasi darat seperti layanan taksi dan bus untuk mendukung kebutuhan pengguna jasa bandara. Selain itu, tengah merancang bandara untuk lebih mengakomodir kebutuhan wisatawan, dengan rencana seperti anjungan pengamat pesawat, restoran, dan mal di dalam bandara. “Kami juga berencana untuk mengadakan lebih banyak acara di bandara untuk meningkatkan pengalaman pengunjung kami. Semua upaya ini dilakukan dengan tujuan agar bandara kami dapat lebih kaya dalam layanan dan pengalaman pengguna jasa, tidak hanya sebagai tempat keberangkatan dan kedatangan pesawat,” terangnya.