trustnews.id

Menuju Masa Depan, Bank Mandiri Pacu Kredit Wholesale

TRUSTNEWS.ID,. - Penyaluran kredit tersebut, turut menjadi bagian komitmen Bank Mandiri sebagai agen pembangunan sekaligus penggerak perekonomian di Tanah Air. Selaras dengan semangat HUT ke-25 Bank Mandiri yang mengusung tema “Menuju Masa Depan”, perseroan berharap dapat terus memberikan akses pembiayaan dan layanan perbankan terbaik bagi nasabah.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah Kris Indriati mengatakan secara bank only, perseroan berhasil membukukan kredit sebesar 12,34% year on year (yoy) menjadi Rp 996,87 triliun per Agustus 2023. Pencapaian tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit industri perbankan yang hanya tumbuh 9,06% yoy di periode yang sama.

Kucuran kredit bank berlogo pita emas ini paling banyak disalurkan ke segmen wholesale dengan pertumbuhan 13,05% yoy menjadi Rp 655,91 triliun hingga Agustus 2023. Sedangkan untuk segmen UMKM mengalami kenaikan 7,8% yoy menjadi Rp 121,31 triliun.

“Secara portofolio, pembiayaan ke segmen wholesale berkontribusi sebesar 65,8% dari total portofolio kredit perseroan hingga saat ini. Hal ini menegaskan jati diri Bank mandiri sebagai bank korporasi terbesar di Indonesia,” ujar Indah di Jakarta pada Jumat (6/10).

Tak hanya memberikan akses pembiayaan, Bank Mandiri juga memberikan layanan perbankan digital yang komprehensif kepada nasabah wholesale melalui Kopra by Mandiri. Super platform digital wholesale andalan Bank Mandiri ini juga menyediakan fitur-fitur yang mampu memberikan kemudahan transaksi bisnis bagi nasabah wholesale secara terintegrasi.

Hal itu dibuktikan dari capaian Kopra by Mandiri yang berhasil mengelola transaksi senilai Rp12.449 triliun akhir Agustus 2023. Lebih dari itu, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, pertumbuhan pengguna Kopra by Mandiri meningkat 134% yoy menjadi 146ribu lebih pengguna.

Kopra by Mandiri juga telah memberikan solusi komprehensif terhadap seluruh aspek ekosistem bisnis nasabah wholesale, yang mencakup trade, payment, collection, liquidity, dan value chain financing.  Adapun super platform bank bersandi bursa BMRI itu menawarkan tiga varian solusi, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host, dan Kopra Partnership.

Seiring dengan itu, Bank Mandiri optimis segmen wholesale memiliki potensi yang masih besar. Perseroan akan tetap menghadirkan layanan yang terbaik dan paling modern, serta mendorong pertumbuhan bisnis yang konsisten dan berkelanjutan.

“Hingga akhir tahun, Bank Mandiri optimis kredit korporasi bisa tumbuh di kisaran 9% hingga 10% yoy. Guna mencapai target tersebut, perseroan tetap berfokus pada berbagai sektor yang menjadi expertise Bank Mandiri dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian,” pungkas Indah.