trustnews.id

Strategi Perumdam TKR Tangerang Jadi PDAM Terbaik Di Indonesia
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Juara, sepertinya kian lekat dengan Perumdam Tirta Kerta Raharja. Perusahaan penyedia air bersih milik Kabupaten Tangerang ini punya kesibukan tambahan, yakni naik turun dari satu panggung ke panggung lainnya menerima penghargaan.

Teranyar, Perumdam TKR meraih penghargaan sebagai Perusahaan Umum Daerah Air Minum terbaik nomor satu se-indonesia kategori perusahaan besar dalam ajang BUMD Awards 2023 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri), 29 September 2023.

Penganugerahan penghargaan BUMD Awards Kemendagri dilakukan setelah melalui sejumlah penilaian dan rangkaian yang telah dirancang oleh Kemendagri, dan dinilai oleh tim penilai yang terdiri dari para profesional-ahli yang diketuai oleh Inspektur Jenderal Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir.

Perumdam TKR berhasil memperoleh peringkat pertama setelah melalui penilaian dari lima aspek yang menjadi indikator penilaian yaitu, program yang bermanfaat bagi masyarakat, Kinerja yang dibuktikan dengan laporan keuangan, tata kelola perusahaan yang baik, kepuasan pelanggan, inovasi dan sinergitas.

Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar, mengucapkan terima kasih kepada stakeholder, Pemerintah Kabupaten Tangerang, jajaran di Perumdam TKR, serta masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Penghargaan ini bukan tujuan, melainkan bonus yang diraih atas kerja keras yang dilakukan seluruh jajaran Perumdam TKR dalam upaya memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Tangerang. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang, direksi dan staf Perumdam TKR, terlebih kepada masyarakat Kabupaten Tangerang,” ucap Sofyan.

Sofyan juga mengatakan, penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi Perumdam TKR Kabupaten Tangerang untuk konsisten meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan air bersih yang terbaik kepada masyarakat.

“Komitmen kami adalah menghadirkan pelayanan air bersih yang optimal serta terpenuhinya kepuasan pelanggan. Tentunya kedua hal ini menjadi motivasi yang terus mendorong kami untuk terus bekerja keras, kerja cerdas, di tengah berbagai tantangan pelayanan air bersih. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan demi terpenuhinya kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Tangerang,” katanya.

Padahal baru beberapa bulan sebelumnya, tepatnya di awal April lalu, didapuk sebagai BUMD pengelola air bersih terbaik se-Indonesia pada ajang BUMD Awards 2023. Tak hanya satu penghargaan, Perumdam TKR memborong empat tropi sekaligus, yaitu Top Pembina BUMD 2023 untuk Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Top BUMD PDAM Bintang Lima 2023, Top CEO BUMD 2023 untuk Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar, dan Top BUMD Bidang Customer Relationship Management (CRM).

Dari empat tropi yang diboyong satu tropi terbilang mentereng yakni pemanfaatan Teknologi Informasi, khususnya CRM untuk melayani kebutuhan pelanggan.

Dalam penilaian kinerja BUMD Air Minum pada tahun 2022 yang dilakukan oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Perumdam TKR menempati peringkat 3 nasional dan peringkat 1 provinsi, dari total 389 BUMD Air Minum di Indonesia.

“Pada penilaian kinerja tahun 2022, kami menempati peringkat ke-3 secara nasional, dari total 389 BUMD Air Minum di Indonesia, dengan nilai 4,28 serta kategori Sehat. Sebelumnya, 3 tahun berturut-turut, yaitu 2019 hingga 2021, kami menempati peringkat ke-1 berdasarkan penilaian BPPSPAM” kata Sofyan Sapar.

“Saat ini kami sudah mengembangkan Sistem Informasi Pelanggan (Simpel TKR) dan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) atau tata kelola hubungan pelanggan berbasis digital. Dengan kedua terobosan tersebut kami pun dapat meningkatkan pelayanan terhadap para pelanggan,” ujar Sofyan.

Dia menegaskan peningkatkan layanan ke pelanggan menjadi penting karena jumlah pelanggan perusahaannya yang tergolong besar, dimana saat ini Jumlah Langganan (SL) Perumda TKR berjumlah 204.638.

“Bahkan kami juga memasok air ke pelanggan di wilayah Jakarta,” ungkapnya.

Ditambah lagi dengan adanya kondisi yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan yaitu penyerahan SL ke Perumda Tirta Benteng sebanyak 18.523 SL.

“Maka solusinya, kami membangun jaringan transmisi distribusi dan retikulasi serta menambah sambungan langganan di Kabupaten Tangerang dengan target 60.775 Sambungan Langganan dalam kurun waktu satu tahun.”

“Sedangkan target dari Bapak Bupati Kabupaten Tangerang yaitu cakupan pelayanan Perumdam TKR diharapkan sebesar 60% di akhir tahun 2023,” kata Sofyan.

Sebagai informasi, Perumda Air Minum Tirta Kerta Raharja telah meraih Golden Trophy di ajang TOP BUMD Awards 2022 karena tiga tahun berturut-turut (2020, 2021, 2022) meraih level Bintang 5.

Sofyan pun membeberkan strategi yang dijalankan perusahaan yang sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan. Tepatnya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) itu dilahirkan pada 1923 silam atau 22 tahun sebelum Indonesia merdeka. Saat itu bernama Water Leiding Bedryf.

Strategi yang dilakukan bahwa selama tahun 2021 ini perusahaanya terus menggenjot peningkatan cakupan dengan penambahan kapasitas produksi, pemasangan jaringan perpipaan dan penambahan jumlah pelanggan baru hingga mencapai 20 ribu dalam setahun.

Meski demikian, kegiatan penanganan tingkat kehilangan air pun terus diupayakan termasuk digitalisasi sistem perpipaan, sistem hidrolis, pengoperasian IPA dan Boosterpump. Sedangkan untuk sumber daya manusia karena masih situasi pandemi, pihaknya lakukan monitoring kesehatan secara ketat agar pola kerja pegawai tetap terjaga secara baik.

“Kami mencoba meng-install pemikiran pegawai agar tetap semangat dimasa pandemi dan bekerja keras secara bersama-sama dalam mencapai target RKA dan action plan-nya masing-masing, dan cara ini Alhamdulillah berhasil dimana capaian kinerja terus mengalami peningkatan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh internal perusahaan maupun pihak eksternal, dan penilaian dari Kementerian PUPR inilah salah satu buktinya,” jelasnya.

Kinerja positif terus dicanangkan sesuai dengan business plan perseroan dalam RPJMD 2020-2024. Dengan beberapa tahapan antara lain, di tahun 2021 ditargetkan cakupan di Kab. Tangerang mencapai 45% dengan target Perumdam TKR sebesar Rp19,67%. Dengan target penambahan SL 41.217 unit dan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) baru total 1.700 l/d serta pengalihan IPA Cikokol sebesar 650 l/d.

Adapun untuk tahun 2022, ditargetkan cakupan di kabupaten sebanyak 53,02% dengan cakupan Perumdam di angka 25,31%. Dengan target penambahan SL 43.681 unit dan pembangunan IPA baru total 500 l/d.

Lalu target di 2023, cakupan di kabupaten mencapai 60% dan cakupan Perumdam sebesar 31,29%. Plus target penambahan SL sebanyak 45.690 unit.

“Dan di tahun 2024 nanti, kita targetkan cakupan di kabupaten sebanyak 63,91% dan cakupan Perumdam capai 34,82%. Dengan target penambahan SL 36.465 unit dan pembangunan IPA kapasitas total 500 l/d. Sehingga kami siap menggelontorkan total investasi 2020-2024 mencapai Rp5,653 triliun. Dana itu untuk pembebasan lahan, pembangunan IPA, pembangunan jaringan perpipaan, pajak 10%, perizinan, dan engineering service,” pungkasnya.