trustnews.id

Memanjakan Hati dan Pikiran di Kebun Teh Kemuning Karanganyar
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Dari Kota Surakarta, perjalanannya hanya membutuhkan waktu kira-kira 1 jam saja. Meskipun jalannya berkelok-kelok, dijamin ketika Anda sudah sampai di Perkebunan Teh Kemuning yang terletak di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, seketika rasa penat dan jenuh hilang seketika. 

Melalui hamparan pemandangan kebun teh seluas 437 hektar dengan suhu 21,5 derajat celcius, diyakini bisa membawa ketenangan hati dan pikiran Anda yang mungkin selama ini aktif dalam rutinitas keseharian yang menjemukan. 

Perkebunan Teh Kemuning yang berada pada ketinggian antara 800 hingga 1.540 meter itu, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dengan rute Karangpandan, Ngargoyoso, dan Jenawi. Udara sejuk yang segera menyambut para wisatawan saat mulai memasuki kawasan Ngargoyoso.

Disini, Anda dapat menjelajahi kebun teh untuk melihat hamparan perkebunannya yang luas dan melihat proses pemetikan daun teh langsung yang menjadi aktifitas harian sejumlah petani. Yang tidak kalah menarik, disini Anda juga bisa bersepeda, paralayang, terjun payung, camping maupun kegiatan outbond lainnya. Bagi wisatawan yang membawa anak kecil jangan khawatir, karena Kebun Teh Kemuning juga menyediakan berbagai jenis permainan yang dapat dinikmati pengunjung atau mencicipi kuliner khas dengan cita rasa menggoda..

Kalau sudah disini sebaiknya juga Anda mencicipi nikmatnya teh di Rumah Teh Ndoro Donker. Rumah Teh Ndoro Donker merupakan tempat yang tepat untuk beristirahat, bersantai sembari menikmati secangkir teh. Rumah teh yang merupakan peninggalan Belanda ini menyajikan beraneka ragam jenis teh. Pengunjung dapat memesan ukuran cangkir, maupun menggunakan poci yang bisa digunakan untuk beberapa orang sekaligus. 

Perkebunan Teh Kemuning yang terletak di kaki Gunung Lawu ini awalnya merupakan peninggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1925. Sedangkan Rumah Teh Ndoro Donker yang berada satu lokasi dengan perkebunan tersebut, awalnya merupakan rumah pengawas area perkebunan yang juga berperan dalam memberi pelajaran bagi penduduk sekitar untuk bercocok tanam. Kebun teh ini terletak di antara dua candi, yaitu candi Sukuh dan Candi Cetho. Masih dalam kecaatan yang sama, disini Anda juga bisa menikmati sejuknya Air Terjun Jumog. Jadikalau kesini, sejumlah destinasi wisata menawan sudah siap menanti kamu. Yuk buruan datang deh ke lokasi ini