trustnews.id

Menjawab Tantangan Yang Dihadapi Koperasi
Dok, Istimewa

Menjawab Tantangan Yang Dihadapi Koperasi

NASIONAL Kamis, 13 Juni 2024 - 18:28 WIB Hasan

TRUSTNEWS.ID,. - Koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan, dapat berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional pada umumnya dan stabilitas ekonomi pada khususnya.

Koperasi yang merupakan gerakan ekonomi yang tumbuh dari masyarakat merupakan organisasi swadaya masyarakat yang lahir atas kehendak, kekuatan dan partisipasi dari masyarakat itu sendiri dalam menentukan tujuan, sasaran kegiatan, serta kegiatan pelaksanaannya.

Namun demikian, seiring dengan keberhasilan perannya berbagai permasalahan juga kerap menyelimuti koperasi, sehingga menghambat laju perkembangannya. “Koperasi itu tidak cukup kalau hanya dikelola orang yang benar dan jujur tapi dalam diri orang yang benar dan jujur juga harus orang yang cerdas,” ujar tokoh koperasi dan pimpinan majalah ekonomi bulanan Peluang dan PeluangNews.id, Irsyad Muchtar saat didaulat menjadi salah satu pemateri dalam seminar sehari menyongsong Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023 KSP Kopdit Pintu Air, belum lama ini.

Irsyad yang membawakan materi bertajuk ‘Quo Vadis Koperasi Indonesia, Peluang dan Ancaman’ itu menegaskan bila koperasi ingin besar maka perlu ada perhatian pada aspek kolaborasi, sinergi dan tata kelola.

Pada aspek kolaborasi, Irsyad menekankan pentingnya terjalin antar lembaga koperasi. Hal lain yang menjadi perhatian pria bergaya nyentrik ini adalah aspek promosi.

Menurutnya, Agar koperasi dikenal oleh banyak orang harus mengedepankan Promosi. Oleh pengurus, promosi  ini harus dilihat sebagai investasi strategis jangka panjang.