trustnews.id

BNI Wilayah 02 Andalkan Inovasi, Kualitas Pelayanan dan Digitalisasi Aplikasi Wondr By BNI
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI merayakan hari jadinya yang ke-78 dengan memperkenalkan inovasi terbaru dalam layanan perbankan digital. Sebagai wujud apresiasi kepada nasabah dan masyarakat, BNI meluncurkan aplikasi perbankan inovatif bernama wondr by BNI, yang dirancang untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi di era digital.

Aplikasi wondr by BNI diharapkan dapat menghadirkan pengalaman perbankan yang lebih terintegrasi dan ramah pengguna. Aplikasi ini menawarkan fitur 3 Dimensi Keuangan yang mencakup Transaksi, Insight, dan Growth, mencerminkan konsep masa kini, masa lalu, dan masa depan.

Dengan aplikasi ini, nasabah dapat menikmati layanan perbankan yang mencakup transaksi harian, rekap keuangan personal, hingga akses ke berbagai produk finansial seperti investasi dan tabungan. Pemimpin BNI Wilayah 02 Khairul Salam mengungkapkan, aplikasi wondr by BNI tidak hanya menyediakan layanan perbankan yang lengkap, tetapi juga menawarkan fitur-fitur inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

“Aplikasi ini dapat menjadi solusi bagi nasabah untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih mudah, cerdas, dan terencana, sehingga mereka dapat mewujudkan mimpi finansial mereka,” ujar Khairul Salam kepada TrustNews.

Inovasi ini merupakan bagian dari upaya BNI untuk terus memimpin transformasi digital di sektor perbankan. Aplikasi wondr by BNI dirancang untuk mempermudah kebutuhan transaksi sehari-hari, dengan tampilan yang simpel dan mudah digunakan.

Selain memperkenalkan aplikasi baru, BNI juga mencatatkan pencapaian keuangan yang mengesankan pada semester I-2024. Hal itu tercermin dari perolehan laba bersih BNI secara konsolidasi hingga Juni 2024 yang tumbuh sebesar 3,8% secara tahunan (Year on Year/YoY) mencapai Rp10,7 triliun, yang inline dengan ekspektasi market.

Pencapaian laba yang baik ini didukung kinerja kredit yang mengalami akselerasi di kuartal kedua sehingga BNI mampu mencatatkan pertumbuhan kredit per Juni 2024 sebesar 11,7% YoY menjadi Rp727 triliun, meningkat dibandingkan pertumbuhan kredit di kuartal pertama yang sebesar 9,6% YoY.

Pertumbuhan ini didorong oleh segmen korporasi, yang mencatatkan pertumbuhan sebesar 18,7% YoY menjadi Rp403,1 triliun, serta segmen konsumer yang tumbuh 15,1% YoY menjadi Rp132,7 triliun. Sebagai dampak dari akselerasi kredit di segmen berisiko rendah, kualitas aset terus membaik yang terlihat dari penurunan rasio Non Performing Loan (NPL) dan rasio Loan at Risk (LaR). Rasio NPL per Juni 2024 tercatat berada di level 2%, membaik jika dibandingkan Juni tahun lalu yang sebesar 2,5%.

Sementara itu, Dana Pihak Ketiga (DPK) BNI di semester I-2024 tercatat tumbuh 1% YoY, didukung oleh pertumbuhan Tabungan sebesar 4,3% YoY dan giro 1,1% YoY. Sementara deposito terkoreksi 2,6% YoY. Rasio CASA terhadap DPK posisi Juni 2024 meningkat menjadi 70,7% dibandingkan posisi yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 69,6%. 

Adapun dari sisi permodalan, hingga Juni tahun 2024 CAR BNI berada pada level yang kuat sebesar 20,7%. Hal tersebut merupakan hasil dari kinerja BNI yang terjaga sehingga memungkinkan penguatan modal dapat terus terjadi secara organik. Siap Hadapi Tantangan

BNI Wilayah 02, yang meliputi Area Sumbar, Riau, Kepri, Kerinci, dan Sungai Penuh Jambi, menghadapi tantangan besar dalam menarik dan mempertahankan nasabah di Tengah persaingan yang semakin ketat. Namun, Khairul Salam menegaskan BNI Wilayah 02 tidak tinggal diam.

“Kami menyadari untuk tetap kompetitif dan mencapai target kinerja, inovasi dan peningkatan kualitas layanan menjadi kunci utama,” ujarnya.

BNI Wilayah 02 terus mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah di era digitalisasi ini. Selain itu, BNI Wilayah 02 juga fokus pada peningkatan kualitas pelayanan dengan mengadakan pelatihan rutin bagi karyawan, memastikan setiap anggota tim memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan terbaik.

Dengan kombinasi inovasi, peningkatan kualitas pelayanan, digitalisasi, dan pengembangan sumber daya manusia, BNI Wilayah 02 optimis mampu mengatasi tantangan yang ada dan mencapai target kinerja yang telah ditetapkan.

“Dalam dunia perbankan yang kompetitif, langkah-langkah ini menjadi fondasi yang kuat bagi BNI Wilayah 02 untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik bagi nasabah,” pungkas Khairul Salam. (TN)