TRUSTNEWS.ID,. - Allianz Life Syariah Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan yang stabil dengan kontribusi signifikan, mencatat lebih dari Rp1,47 triliun hingga Agustus 2024. Dengan kinerja impresif ini, kian mengukuhkan posisinya sebagai pemain utama di industri asuransi syariah dengan menghadirkan inovasi produk yang relevan dengan kebutuhan generasi muda.
Di jantung strategi ini terletak komitmen terhadap inovasi, yang ditandai dengan peluncuran AlliSya LegacyMax, produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perencanaan keuangan legacy atau warisan bagi keluarga muda.
Selain itu, Allianz Syariah juga memperkenalkan AlliSya Flexi Medical, produk asuransi kesehatan standalone, dan AlliSya Flexi Medical Plan, asuransi kesehatan tambahan berbasis unit link. Produk unggulan ini adalah bukti misi perusahaan: memberikan perlindungan komprehensif dengan solusi yang sesuai kebutuhan masyarakat, memastikan keamanan finansial jangka panjang bagi para pesertanya.
Achmad K. Permana, Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia, mengatakan meskipun asuransi syariah saat ini hanya memegang 2,52% dari pangsa pasar asuransi Indonesia, potensi untuk ekspansi sangat besar.
Dengan potensi besar di pasar asuransi syariah Indonesia, lanjutnya, Allianz Syariah tidak hanya berfokus pada produk. Perusahaan telah menerapkan strategi distribusi yang kuat, termasuk memperkuat jaringan agen yang saat ini lebih dari 40.000 agen yang telah berkontribusi terhadap pendapatan perusahaan di mana lebih dari 70% di antaranya adalah generasi milenial dan Gen Z. Allianz Syariah secara aktif menjangkau demografi yang lebih muda, yang semakin sadar akan pentingnya perencanaan keuangan dan manajemen risiko. Selain itu, Allianz Syariah juga menjalin kemitraan bancassurance dengan beberapa mitra bank untuk menjangkau basis pelanggan yang lebih luas.
Digitalisasi juga merupakan pilar strategi Allianz Syariah. Hampir 99% penjualan dilakukan melalui platform digital, untuk memperlancar proses dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Kemudahan akses ini sangat menarik bagi milenial yang melek teknologi, semakin mempercepat arah pertumbuhan perusahaan.
Namun, di balik pertumbuhan yang menjanjikan, tantangan tetap ada yaitu tingkat penetrasi asuransi nasional di Indonesia masih rendah, yakni hanya di angka 2,7%.
Menghadapi masalah ini, Allianz Syariah melakukan inisiatif edukasi yang komprehensif. Sejak peluncurannya sebagai entitas sendiri pada tahun 2023, Allianz Syariah ini telah melakukan kegiatan roadshow nasional, mengunjungi kota-kota dan komunitas di seluruh Indonesia untuk memperkenalkan seputar asuransi syariah dan menyoroti manfaatnya bagi semua demografi.
Saat Allianz Syariah memandang ke depan, visinya jelas: memimpin upaya transformasi lanskap asuransi syariah Indonesia. Dengan inovasi produk yang kuat, jaringan agen yang terus berkembang, dan fokus yang teguh pada digitalisasi, perusahaan ini siap untuk sukses berkelanjutan.
Allianz Syariah berkomitmen untuk meningkatkan literasi keuangan dan asuransi untuk memastikan lebih banyak orang Indonesia dapat menikmati ketenangan pikiran yang datang dengan perlindungan asuransi syariah yang komprehensif.