trustnews.id

Sinergi Membawa Manfaat Kedua Belah Pihak
Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Kuswiyoto

Sinergi Membawa Manfaat Kedua Belah Pihak

BISNIS Minggu, 17 November 2019 - 13:23 WIB TN

Lama berkecimpung di dunia perbankan yang fokus pada kredit mikro, membuat Kuswiyoto tidak sulit dalam melakukan penyesuaian manakala diberi amanah untuk menahkodai kapal Pegadaian. Secara umum terdapat kemiripan karakteristik model bisnis serta nasabah antara Bank BRI dengan Pegadaian. Berbekal pengalaman yang dimiliki sebagai Direktur Kelembagaan, pria lulusan Washington University ini melihat bahwa Pegadaian juga perlu dan bisa mengaplikasikan konsep sinergi.
Maka dari itu tidak lama setelah beliau masuk, dibentuklah unit kerja yang bertanggung jawab untuk menangani hubungan kelembagaan. Tidak tanggung-tanggung, unit kerja yang dibentuk langsung setingkat Divisi atau satu level dibawah Direksi. “Karena saya meyakini bahwa tugas di Divisi Hubungan Kelembagaan tidaklah mudah dan memiliki tanggung jawab besar karena tidak hanya sebatas menjalin hubungan dengan lembaga atau instansi lain, tetapi juga bagaimana sinergi itu menghasilkan kinerja positif. Dan saya optimis Divisi tersebut juga akan berkontribusi terhadap kemajuan Perusahaan” ujarnya.
Pria yang gemar bermain golf ini memiliki keyakinan bahwa apabila kita saling bersinergi, Insya Allah kedua belah pihak akan sama-sama mendapat manfaat yang lebih besar. “Secara sederhana, manfaat konsep sinergi tergambar dalam film animasi pendek berjudul Piper yang memperoleh penghargaan Oscar pada Academy Awards ke-89. Silahkan di browsing film tersebut”, tegas Kuswiyoto.
“Tapi perlu saya tegaskan, bahwa dengan bersinergi maka tidak perlu lagi ada persaingan. Persaingan secara sehat dalam industri diperlukan juga untuk meningkatkan ‘adrenalin’ dan mendorong karyawan untuk memberikan hasil terbaik guna peningakatan kinerja. Karena tujuan saya datang ke perusahaan hanya 2, yaitu meningkatkan kinerja dan meningkatkan kesejahteraan karyawan”, tutup ayah dua anak ini.