Menuju 2025, Perumda Delta Tirta Sidoarjo Tingkatkan Komitmen dan Inovasi Untuk Pelayanan Air Bersih
TRUSTNEWS.ID,. - Dengan tantangan yang ada, Delta Tirta Sidoarjo menetapkan langkah-langkah konkret yang akan diayunkan guna mendongkrak pelayanan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Sidoarjo.
Dwi Hary menegaskan, Delta Tirta Sidoarjo sangat optimis menghadapi tahun 2025. Sejumlah inisiatif akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan zona merah (wilayah dengan air kecil atau tidak keluar), air keruh, cakupan layanan yang rendah, hingga tingkat kehilangan air (TKA) yang tinggi.
“Untuk zona merah, kami telah menjalin kerja sama dengan pihak ketiga guna mempercepat pemasangan pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU). Sementara untuk mengatasi air keruh, kami melakukan langkah strategis di tiga Instalasi Pengolahan Air (IPA), yakni; Siwalanpanji, Tawangsari, dan Krian, melalui kolaborasi dengan PJT I, BBWS, serta pemerintah daerah,” jelas Dwi Hary dalam keterangannya kepada Trustnews.
Di samping itu, untuk memperluas cakupan layanan yang saat ini masih rendah, Delta Tirta akan memanfaatkan dana dari berbagai program, seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Inpres, dan MBR.
Pembangunan jaringan pipa distribusi serta IPA baru juga akan melibatkan kerja sama dengan pihak ketiga. “Kami tidak hanya fokus pada penambahan infrastruktur, tetapi juga melakukan upaya penurunan TKA dengan alokasi anggaran khusus serta menjajaki potensi kerja sama dengan mitra,” tambahnya.
Dalam menghadapi tantangan dan peluang di tahun mendatang, Delta Tirta memfokuskan perhatian pada peningkatan cakupan layanan dan penambahan debit air.
“Kami berencana melakukan uprating pada IPA eksisting dan membangun IPA baru untuk menambah debit air, sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi secara optimal,” ujar Dwi Hary.
Delta Tirta juga menetapkan target ambisius berupa cakupan layanan 100% sebelum tahun 2042, meskipun saat ini cakupan masih di angka 32%. Sebagai penyedia utama layanan air bersih di Kabupaten Sidoarjo, Delta Tirta berkomitmen menghadirkan air yang bersih dan sehat bagi masyarakat.
“Kami menargetkan cakupan layanan 100% sebelum tahun 2042 dengan peningkatan signifikan setiap tahunnya. Saat ini, cakupan masih 32%, namun kami terus memperluas jaringan dan membangun infrastruktur baru untuk memenuhi target tersebut,” jelasnya.
Keberhasilan Delta Tirta tidak lepas dari dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. “Kami sangat terbantu dengan dukungan dari Bapak Bupati, OPD, serta instansi terkait, terutama dalam hal perizinan, penyediaan lahan, dan pengembangan infrastruktur. Sinergi yang baik ini memungkinkan kami untuk terus meningkatkan kinerja,” papar Dwi Hary. (TN)