trustnews.id

Industri Kelapa Sawit, Bisnis Menjanjikan untuk Anak Muda
Jaringan Indonesia Muda (JIM) melakukan kunjungan ke PKS II PTPN VIII (Kamis/23)

Bogor, 23 Januari 2020 – Pada kamis siang sejumlah anggota Jaringan Indonesia Muda (JIM) melakukan kunjungan ke PKS II PTPN VIII, kegiatan ini merupakan program bulanan JIM dalam mengenal Industri kelapa sawit lebih dekat dan keterlibatan anak muda dalam bisnis industri kelapa sawit.

Arsyad Prayogi selaku Ketua Jaringan Indonesia Muda mengatakan, "Kegiatan ini untuk menambah wawasan serta menggali peluang bisnis bagi anak muda dalam industri kelapa sawit".

Dalam proses pengelolahaan kelapa sawit menghasilkan limbah cair, limbah padat & limbah gas. Sebagai penghasil kelapa sawit, PTPN 8 tentunya memiliki potensi limbah yang sangat besar. Sebagai gambaran, jumlah tandan kosong yang dihasilkan setiap ton TBS yang diolah mencapai sekitar 23%, namun belum banyak dimanfaatkan dan pengelolaannya masih terbatas sebagai abu bakar dan mulsa tanaman, hal ini menjadi peluang bagi anak muda.

"salah satunya yang bisa kita sinergikan dari PTPN 8 ini adalah tandan kosong sawit (Tankos), limbah padat ini bisa diolah menjadi pupuk kompos, budidaya jamur, budidaya jangkrik serta pembuatan Helm dari Tankos", tambahnya.

R Mubarik Ahmad sebagai Kepala pabrik PKS II PTPN 8 mengatakan, "kami berharap JIM dapat menjadi mitra kami dalam pengelolahaan limbah kelapa sawit, kami juga menaruh harapan terutama kepada pemuda Bogor dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang prospek dan potensi Industri kelapa Sawit".