trustnews.id

Disbudpar Banjar Ajak Siswa Viralkan Wisata Rumah Banjar Teluk Selong
Foto: istimewa

Martapura, InfoPublik – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar melakukan berbagai upaya untuk mengenalkan daya tarik pariwisata, salah satunya dengan menyelenggarakan Sosialisasi Gebrak Parawisata, yang terdiri dari pelajar dan masyarakat, bertempat di Rumah Banjar Bubungan Tinggi Desa Teluk Selong, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Kamis (20/02/2020).

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aidi Hikmatullah menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dan inovasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.

“Kegiatan ini untuk membangun komitmen bersama dalam menciptakan suatu gerakan di Kabupaten Banjar bersama komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPi), pewadahan Nanah Galuh Banjar, penggiat medsos, serta para anak-anak sekolah, kita juga berharap dengan hadirnya masyarakat sadar wisata di Kecamatan Martapura Barat," ucapnya.

Dia juga menjelaskan bagaimana menggali informasi wisata yang menarik pengunjung.

“Di Kabupaten Banjar ini sangat banyak destinasi wisata yang menarik terutama wisata Rumah Banjar Bubungan Tinggi Teluk Selong," ujarnya.

Kasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar M. Hamdani menjelaskan tentang pesatnya perkembangan teknologi infomatika saat ini, serta bagaimana strategi penggunaan media sosial dalam mengenalkan sebuah obyek wisata.

Menurutnya, saat ini promosi wisata bisa dengan mudah dilakukan melalui media sosial asalkan konten dikemas dengan menarik.

Dia menjelaskan berbagai strategi baik foto maupun video yang bisa menggugah minat orang untuk melihat atau menontonnya. Misalnya kata dia, bagi masyarakat di Kalimantan Selatan makan kulit cempedak atau manday merupakan hal yang biasa, namun tidak bagi orang di daerah lain.

"Jika kita bisa membuat sebuah video bagaimana sebuah cempedak bukan memakan buah tetapi malam memasak kulitnya, itu sudah merupakan tayangan yang menarik dan unik bagi orang lain yang tidak terbiasa makan manday,” tuturnya.

Fotografer Media Center Banjar Agus Fahlevie memaparkan bagaimana teknis mengabadikan sebuah momen menggunakan kamera smartphone, sehingga menjadi menarik.

Dia menjelaskan tentang bagaimana mengambil posisi atau angle ketika mengambil foto, waktu pengambilan foto serta berbagai kiat lainnya.

Pada acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Dinas Pariwisata Banjar, Adi Hikmatullah, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Badi'ah, serta Camat Martapura Barat, Sumardi.

Peserta berasal dari Pelajar MTS Ar Rosyad Teluk Selong Ulu, Masyarakat juru pelihara rumah adat Banjar, Pewadahan Nanang Galuh, Pokdarwis Sungai Rangas dan penggiat media sosial. (MC Kominfo Banjar/Rzq/Ags)