trustnews.id

Kabupaten Bandung Barat Galakan Aksi Samsat Keliling Setiap Hari
Foto: istimewa

Pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu pajak yang pendapatannya cukup besar bagi pemasukan daerah. Banyaknya kendaraan bermotor yang terdapat di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Pemkab Bandung Barat galakan layanan Samsat keliling setiap hari. 

Dilansir dari laman Bapenda Jabar, Samsat Kabupaten Bandung Barat galakan aksi samsat keliling setiap hari, kecuali hari minggu. Dalam satu hari ada beberapa wilayah yang akan didatangi oleh Tim Samsat keliling. Seperti pada hari Senin, Samsat keliling akan mengunjungi wilayah Cipatat dan Cihaliwung. Jam operasional samsat keliling ini mulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang. 

Pelayanan sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) keliling ini merupakan sistem yang dapat mempermudah pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pengurusan dokumen kendaraan. Dalam perkembangannya guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang jauh dari kantor Samsat, dibentuk sistem jemput bola dengan membuat Samsat Keliling.

Samsat Keliling bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, khususnya pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Selain itu, Samsat Keliling memberikan kemudahan kepada masyarakat (Wajib Pajak) dalam pengurusan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) setiap tahun, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Santunan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-lintas (SWDKLL), dan  Mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat atau Wajib Pajak sehingga mengurangi biaya.