trustnews.id

Saatnya Millennial Cerdas Mengelola Keuangan
TOPI DIKSI (Tongkrong-Ngopi-Diskusi) Edisi Spesial Roadshow Bank Syariah yang bertajuk _“Saatnya Milenial, Cerdas Mengelola Keuangan”

Saatnya Millennial Cerdas Mengelola Keuangan

RAGAM Senin, 06 Mei 2019 - 11:23 WIB TN

Jakarta– Tingkat literasi keuangan di Indonesia masih sangat rendah hal ini ditunjukan dari data yang diperoleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2017 mencapai 31 persen dari total penduduk Indonesia. Sementara pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin berkembang dari data yang diperoleh pada tahun 2018 meningkat sebanyak 5,18 persen. Pertumbuhan sektor ekonomi juga tidak terlepas dari banyaknya peran pelaku ekonomi yang di dominasi oleh generasi milenial.

Tidak hanya tingkat literasi keuangan yang masih rendah, akan tetapi tingkat konsumtif masyarakat Indonesia yang menjadi peringkat kedua di dunia, data yang didapat McKinsey & Company pada tahun 2015. Pola konsumtif yang tinggi dan minimnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan membuat banyak generasi milennial merasa sulit mengatur keuangan.

Hal tersebut mendorong Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bekerjasama dengan BNI Syariah dengan menyelenggarakan kegiatan TOPI DIKSI (Tongkrong-Ngopi-Diskusi) Edisi Spesial Roadshow Bank Syariah yang bertajuk _“Saatnya Milenial, Cerdas Mengelola Keuangan”_ pada Selasa (30/4) bertempat di Warunk Upnormal Taman Puring, Kebayoran,  Jakarta Selatan.

"mengatur keuangan pribadi merupakan kunci utama dalam menggapai kesuksesan finansial. Apalagi dengan semakin meningkatnya biaya hidup menuntut kita untuk lebih cerdas dalam mengatur keuangan agar tidak terperangkap dalam utang dan impian yang gagal diwujudkan." papar Prita H.Ghozie, Wakil Ketua Komite 27 MES. 

Kegiatan Roadshow ini ditujukan untuk mencetak generasi yang cerdas dalam megelola keuangan tidak hanya konsumtif tetapi produktif, sehingga tingkat konsumtif di Indonesia bisa ditekan dan mencetak generasi milenial yang produktif dan aktif dalam ekonomi syariah.

Topi Diksi dihadiri oleh 51 orang peserta yang berasal dari berbagai latar belakang profesi dan pelaku industri, seperti pengusaha, mahasiswa, perwakilan komunitas investor syariah, aktivis sosial, hingga civitas akademika perguruan tinggi. Hadir sebagai narasumber Prita Hapsari Ghozie selaku Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Rima Dwi Permatasari selaku Secretary BNI Syariah. Narasumber akan memberikan pemaparan yang komprehensif seputar pengelolaan keuangan dan melibatkan diskusi aktif dari peserta.