trustnews.id

Kaukus Muda Indonesia (KMI) gelar Acara Diskusi Dengan Tema:
Foto: istimewa

Kaukus Muda Indonesia(KMI) kembali menggelar acara Diskusi dengan Tema :" Mningkatkan Efektifitas Pelayanan Publik Melalui Penyederhanaan Birokrasi ", yang diadakan di Hotel Central Jakarta Pusat, Selasa(25/2/2020).

Dalam kesempatan acara Diskusi Kaukus Muda Indonesia, salah satu narasumber yang hadir diantaranya Pengamat Senior LIPI, Indria Samego menjelaskn bahwa birokrasi yang protektif dan mempertahankan culture lama menjadi tugas bagi pemerintahan Jokowi dengan melakukan reformasi di birokrasi. Hal tersebut disampaikannya dalam acara diskusi publik yang diselenggarakan oleh Kaukus Muda Indonesia (KMI) bertema Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Penyederhanaan Birokrasi, Selasa (25/2/2020) di Hotel Central Jakarta.

“Birokrasi kita yang protektif dan mewarisi culture lama diharapkan berhenti dalam pemerintahan Jokowi dan bisa mengelola orang-orang terdekatnya dengan baik yang notabene dibayar oleh negara. Bagi Jokowi, pemerintahan kedua ini merupakan kesempatan terakhir untuk mereformasi birokrasi,” jelas Indria Samego.

Menyangkut pelayanan publik, Bhima Yudhistira, Peneliti INDEF menjelaskan, jika dibandingkan dengan negara seperti Rwanda, aspek pelayanan registrasi properti dan pelayanan terkait ekspor masih lebih baik. Hal menarik dari Rwanda, sebagai negara yang menyandang status destinasi investasi terbesar di Afrika yang dibangun adalah mental birokrasi yang cenderung korupsi sehingga persepsi korupsi menempati urutan 51 dunia, sementara Indonesia menempati urutan 85, artinya semakin kecil posisinya maka semakin bagus.

“Salah satu hambatan masuknya investasi ke Indonesia adalah lemahnya pemberantasan korupsi. Bagi investor, Logika pelayanan publik sangat sederhana yaitu di negara dengan tingkat korupsi kecil berarti biaya siluman yang harus dikeluarkan tidak terlalu besar, dan sebaliknya di negara dengan tingkat korupsi tinggi akan mengeluarkan biaya siluman yang cukup besar. Jadi jangan heran para investor akan berinvestasi di negara dengan tingkat korupsi kecil,” ungkapnya.

Dalam acara Diskusi KMI, salah satu narasumber yaitu Jerry Massie, Peneliti Indonesian Public Institute (IPI) mengatakan, seorang pemimpin negara seharusnya bijaksana dalam menentukan arah bangsa Indonesia. Ia mengkritisi masih banyak pejabat yang pergi keluar negeri tanpa membawa hasil yang optimal. Menurutnya perilaku tersebut merupakan pemborosan anggaran saja hanya untuk kepentingan riset.

“Yang perlu dirubah adalah aspek human capital. Pemerintahan Jokowi seharusnya jangan lagi menambah atau mengurangi unit kerja, tetapi yang perlu diupayakan adalah memperkuat etos kerja,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PPP, Arwani Thomafi menyatakan bahwa pemerintahan Jokowi memang memiliki keinginan kuat untuk membenahi birokrasi terkait dengan layanan publik. Namun problem yang seringkali dihadapi oleh pemerintah adalah buruknya kualitas produk layanan publik, akses layanan publik yang rendah atau belum merata, buruknya kualitas penyelenggaraan dan mekanisme komplain yang tidak jelas seperti dalam masalah pertanahan. Baginya, kebijakan dalam penyederhanaan birokrasi tersebut yang terpenting adalah jangan melupakan inti dari birokrasi itu sendiri yaitu pelayanan publik, artinya memfasilitasi masyarakat merupakan hal mendasar dan prioritas.

“Saya melihat pada pemerintah kedua Jokowi ini punya semangat untuk melakukan reformasi birokrasi dengan melakukan penyederhanaan birokrasi. Namun pertanyaan adalah apakah penyederhanaan tersebut efektif atau tidak dalam menyelesaikan persoalan?,” jelas Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini. (Red)