trustnews.id

BSI Dorong UMKM Jadi Tulang Punggung Ekosistem Industri Halal
istimewa

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten menjadikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu sektor prioritas untuk menjadi tulang punggung ekosistem industri halal di Tanah Air. Dukungan tersebut dilakukan melalui dukungan permodalan, pembiayaan, dan pendampingan agar UMKM dapat menjadi besar dan naik kelas.

 

Konsistensi dukungan BSI untuk membesarkan UMKM terlihat dalam pembiayaan hingga kuartal III 2022, yang tumbuh 22,35% menjadi Rp 199,82 triliun. Adapun kontribusi pembiayaan terbesar berasal dari bisnis mikro yang tumbuh 37,32%, disusul pembiayaan kartu yang meningkat 35,81% dan pembiayaan gadai naik 30,15%.

 

Terbaru, BSI melakukan akselerasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Klaster ke berbagai sektor usaha. Hal tersebut sebagai langkah untuk mendorong terealisasinya arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar perbankan dapat memperluas dan memperbanyak penyaluran KUR Klaster ke berbagai sektor.

 

“Saya kira model-model KUR kluster kalau diperbanyak bisa nanti masuk ke peternak, baik yang daging maupun petelur, bisa nanti masuk ke nelayan yang berkaitan mungkin dengan tambak,” ujar Jokowi dalam sambutannya saat Penyerahan KUR Klaster KUMKM di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022).

 

Dalam penyaluran KUR Klaster, BSI menargetkan nasabah UMKM yang tergabung dalam ekosistem lembaga masyarakat, kelompok binaan, atau kelompok sosial baik formal maupun informal yang memiliki kegiatan usaha skala mikro dan visi berkelanjutan.

 

Tercatat hingga November 2022, BSI telah menyalurkan pembiayaan KUR Syariah sebesar Rp 12,2 triliun atau telah mencapai 97,2% dari target kuota KUR yang diberikan pemerintah kepada BSI. Pada akhir tahun lalu, BSI dan Kementerian Keuangan melakukan penandatangan nota kesepahaman (MOU) Kerja Sama Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Program UMKM Financing Empowerment (U-FinE).

 

Program ini dirancang untuk mendorong inklusivitas keuangan UMKM dan mendorong nasabah penerima KUR Syariah naik kelas ke tingkat yang lebih tinggi sebagai pengusaha kelas menengah/ besar. Selain dukungan permodalan, BSI juga memberikan pendampingan pengembangan usaha melalui pelatihan, perizinan, pemasaran hingga literasi keuangan syariah. Sepanjang tahun 2022, BSI meluncurkan dan meresmikan BSI UMKM Center di tiga kota, yaitu di Aceh pada akhir Desember 2021, Yogyakarta pada Juni 2022, dan Surabaya pada Juli 2022. BSI UMKM Center menyediakan fasilitas dan layanan untuk pengembangan UMKM.

Dalam pemberdayaan di UMKM Center, BSI akan bersinergi dengan stakeholder yang didukung dengan adanya kurikulum dan modul yang komprehensif dan aplikatif. Dengan langkah ini diharapkan tujuan menciptakan UMKM yang Go Halal, Go Digital dan Global dapat tercapai. Selain itu BSI juga menyiapkan portal khusus untuk membantu pemasaran produk-produk UMKM binaan BSI UMKM Center