trustnews.id

Jawa Tengah Perkuat Perekonomian Lewat Pariwisata
Dok, Istimewa

TRUSTNEWS.ID,. - Pariwisata merupakan sektor industri baru yang diyakini banyak pihak mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja, serta menstimulasi sektor-sektor produktif lainnya. 

Sektor pariwisata mempunyai peran yang strategis dalam perkembangan perekonomian di Indonesia, selain sebagai sumber penghasil devisa, sektor pariwisata dapat memacu dan menggerakkan sektor-sektor ekonomi lainnya, serta membuka kesempatan kerja dan kesempatan berusaha lebih luas dan lebih merata. 

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang tengah memetakan dengan ‘cantik’ beragam obyek wisata miliknya, baik wisata budaya, alam kuliner dan wisata buatannya dengan baik.  

Bahkan menurut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Agung Hariyadi, pihaknya tengah menyiapkan instrumen yang mampu memonitor kunjungan wisatawan serta memetakan destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan. "Harapannya kebijakan yang dibuat bisa tepat sasaran, sehingga memperkuat perekonomian Jawa Tengah," kata Agung Haryadi.

Diakuinya, keberadaan biro perjalanan atau biro wisata menjadi ujung tombak dalam upaya mendongkrak kunjungan wisata di Jawa Tengah. Travel agent merupakan ujung tombak untuk penarikan peningkatan pengunjung atau wisatawan. 

Agung menegaskan, tingkat kunjungan wisatawan di Jawa Tengah pada 2024 ditargetkan sebanyak 60 juta orang sehingga dibutuhkan peran serta pegiat wisata, termasuk biro perjalanan untuk mempromosikan destinasi wisata.

Keberadaan biro perjalanan sebenarnya tidak hanya fokus pada promosi destinasi wisata yang ada, tetapi juga penjualan melalui paket-paket wisata. Namun demikian, langah tersebut tidak akan berjalan maksimal jika tidak berkolaborasi pihak-pihak terkait lainnya dalam membangun pariwisata di Jawa Tengah, khususnya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Diakuinya, saat ini yang menjadi kendala, sekaligus tantangan adalah masalah infrastruktur yang belum memadai, terutama akses jalan menuju tempat wisata.Karena itu, Agung akan berupaya untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di sektor pariwisata dengan dukungan berbagai pihak.