trustnews.id

Menara Astra  Inspiring the Nation
istimewa

Menara Astra Inspiring the Nation

TRAVEL Kamis, 07 Maret 2019 - 04:39 WIB TN

Membangun sebuah perusahaan yang dapat menjadi ‘pohon rindang’ - William Soeryadjaya, pendiri Astra.

Di atas tanah seluas 1,1 hektar, sebuah bangunan tinggi menjulang coba menyentuh langit Jakarta. Bangunan 47 lantai itu diberi nama Menara Astra.

Gedung yang memiliki tinggi 260 meter ini dirancang arsitek kelas dunia, Nikken Sekkei Ltd bekerja sama dengan PT Airmas Asri, tercatat sebagai gedung tertinggi nomor #3 di Indonesia.

Tak hanya menjual ketinggian, Menara Astra yang ground breaking pada 10 Desember 2013 dan topping off pada 20 Februari 2017, ini pun meraih Building and Construction Authority Green Mark Platinum Certificate karena memiliki efisiensi energi 40% atau lebih dibandingkan gedung pencakar langit pada umumnya.

“Gedung ini dilengkapi karya seni yang melambangkan filosofi para pendiri Astra. Kami mempertahankan kultur dan alasan perusahaan ini didirikan. Namun, kami juga menjangkau generasi muda dengan co-working space untuk melayani para milenial. Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dalam sambutannya mengatakan, tema HUT ke-62 Astra adalah “Inspiring the Nation”.

Karya seni yang dimaksud adalah mural dinding dan patung melalui tangan-tangan seniman terbaik Indonesia, mulai dari Dolorosa Sinaga, Mangu Putra, Heri Dono, Agus Suwage, Chusin Setiadikara hingga Budi Lim. Sebagai ekspresi perjalanan dan pencapaian Astra bersama masyarakat Indonesia. Dimulai dari filosofi perusahaan, cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa, perjalanan Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) hingga goal Astra untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa pada tahun 2020.  (TN)

 

10 Gedung Tinggi Menyentuh Langit

Megah dan Kokohnya 10 Gedung Tertinggi di Jakarta

#1 Gama Tower

Dibangun dengan ketinggian 285,5 meter dan memiliki jumlah 64 lantai, tercatat sebagai gedung tertinggi di dunia peringkat 162, di Asian di urutan 93 dan nomor 1 di Indonesia.  Dimiliki PT Wahana Nusantara, gedung ini punya banyak nama, Menara Rasuna atau Cemindo Tower, selain Gama Tower tentunya.

#2 Treasury Tower

Gedung yang juga dikenal District8 @Senopati ini memiliki tinggi 279,5 meter dan memiliki 57 lantai. Tercatat sebagai gedung tertinggi ke-124 di Asia.

#3 Wisma 46

Memiliki ketinggian 261,9 meter, gedung 50 lantai dan berdiri di lahan seluas 15 hektar ini tercatat berada di peringkat 266 di dunia, 152 di Asia dan nomor 2 tertinggi di Indonesia. 

#4 Menara Astra

Langsung menyodok di peringkat ke empat sebagai gedung tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 261,5 meter menduduki posisi 156 tertinggi di Asia.

#5 Sahid Sudirman Center

Turun satu peringkat, gedung Sahid Sudirman Center dengan 59 lantai dan tinggi 258 meter, menempati posisi ke empat gedung tertinggi di Indonesia dan peringkat 170 di Asia.

#6 Raffles Hotel

Setinggi 253,3 meter, gedung ini memiliki total 52 lantai di atas tanah dan 3 lantai di bawah tanah.

#7 The Pakubuwono Signature

Menyandang predikat sebagai hunian berkelas luxury, di atas lahan seluas 4,2 hektar, gedung yang selesai konstruksinya pada 2014 ini tercatat memiliki 50 lantai dengan ketinggian 252 meter.

#8 Sinarmas MSIG Tower

Tinggi bangunan mencapai 245 meter dengan memiliki 48 lantai.

#9 Casa Domaine Tower 1

Berhasil menggeser Menara BCA di posisi sembilan, meski sama-sama memiliki ketinggian  230  meter, namun gedung ini memiliki jumlah lantai yang lebih banyak yakni 61 lantai.

#10 Menara BCA

Memiliki nama lain, yakni Grand Indonesia Office Tower, gedung perkantoran ini setinggi 230 meter dan 56 lantai. (TN)

 

Sumber: diolah dari berbagai sumber